Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Kriteria Fungsi dan Pengertiannya



Jenis jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Kriteria Fungsi Dan Pengertianny

Jenis jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Kriteria Fungsi Dan Pengertiannya - Seiringnya kemajuan zaman ini dunia teknologi pun semakin maju dengan berbagai macam kemudahannya salah satunya adalah jaringan komputer. Jaringan komputer ini sangatlah penting dalam proses pertukaran data secara cepat terlebih bila di gunakan untuk bisnis. Pertukaran data ini dapat di akses di berbagai dunia dan di akses dimana saja asalkan terdapat koneksi jaringan internet. Pada kesempatan kali ini Admin eduonlineprogram.com akan menginfokan tentang Jenis jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Kriteria Fungsi Dan Pengertiannya silahkan di simak ya:)


Daftar isi :

  1. Virtual Private Network (VPN)
  2. Jaringan Area Lokal Nirkabel (WLAN)
  3. Personal Area Network (PAN)
  4. Jaringan Area Kampus (CAN)
  5. Jaringan Area Lokal (LAN)
  6. Wide Area Network (WAN)
  7. Metropolitan Area Network (MAN)
  8. Jaringan Area Penyimpanan (SAN)
  9. Jaringan Area Lokal Optik Pasif (POLAN)
  10. Sistem-Area Jaringan (juga dikenal sebagai SAN)
  11. Enterprise Private Network (EPN)

1. Virtual Private Network (VPN)

Dengan memperluas jaringan pribadi di Internet, VPN memungkinkan penggunanya mengirim dan menerima data seolah-olah perangkat mereka terhubung ke jaringan pribadi - bahkan jika mereka tidak. Melalui koneksi point-to-point virtual, pengguna dapat mengakses jaringan pribadi dari jarak jauh.

2. Jaringan Area Lokal Nirkabel (WLAN)

Berfungsi seperti LAN, WLAN memanfaatkan teknologi jaringan nirkabel, seperti WiFi. Biasanya terlihat dalam jenis aplikasi yang sama seperti LAN, jenis jaringan ini tidak mengharuskan perangkat bergantung pada kabel fisik untuk terhubung ke jaringan.

3. Personal Area Network (PAN)

Jenis jaringan terkecil dan paling dasar, PAN terdiri dari modem nirkabel, satu atau dua komputer, telepon, printer, tablet, dll., Dan berputar di sekitar satu orang dalam satu gedung. Jenis-jenis jaringan ini biasanya ditemukan di kantor kecil atau tempat tinggal, dan dikelola oleh satu orang atau organisasi dari satu perangkat.


4. Jaringan Area Kampus (CAN)

Lebih besar dari LAN, tetapi lebih kecil dari jaringan area metropolitan (MAN, dijelaskan di bawah), jenis jaringan ini biasanya terlihat di universitas, distrik sekolah K-12 besar atau bisnis kecil. Mereka dapat tersebar di beberapa bangunan yang cukup dekat satu sama lain sehingga pengguna dapat berbagi sumber daya.


5. Jaringan Area Lokal (LAN)

Kami yakin bahwa Anda pernah mendengar tentang jenis jaringan ini sebelumnya - LAN adalah jaringan yang paling sering dibahas, salah satu yang paling umum, salah satu yang paling asli dan salah satu jenis jaringan yang paling sederhana. LAN menghubungkan kelompok komputer dan perangkat bertegangan rendah secara bersama-sama melintasi jarak pendek (dalam suatu bangunan atau antara sekelompok dua atau tiga bangunan yang berdekatan satu sama lain) untuk berbagi informasi dan sumber daya. Perusahaan biasanya mengelola dan memelihara LAN.

Menggunakan router, LAN dapat terhubung ke jaringan area luas (WAN, dijelaskan di bawah) untuk mentransfer data dengan cepat dan aman.


6. Wide Area Network (WAN)

Sedikit lebih kompleks daripada LAN, WAN menghubungkan komputer bersama-sama melintasi jarak fisik yang lebih panjang. Hal ini memungkinkan komputer dan perangkat bertegangan rendah untuk terhubung dari jarak jauh satu sama lain melalui satu jaringan besar untuk berkomunikasi bahkan ketika mereka terpisah bermil-mil.

Internet adalah contoh paling mendasar dari WAN, yang menghubungkan semua komputer bersama di seluruh dunia. Karena jangkauan luas WAN, biasanya dimiliki dan dikelola oleh beberapa administrator atau publik.

7. Metropolitan Area Network (MAN)

Jenis jaringan ini lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN - dan menggabungkan elemen dari kedua jenis jaringan. MANs menjangkau seluruh area geografis (biasanya kota atau kota, tetapi terkadang kampus). Kepemilikan dan pemeliharaan ditangani oleh satu orang atau perusahaan (dewan lokal, perusahaan besar, dll.).


8. Jaringan Area Penyimpanan (SAN)

Sebagai jaringan khusus berkecepatan tinggi yang menghubungkan kumpulan perangkat penyimpanan bersama ke beberapa server, jenis jaringan ini tidak bergantung pada LAN atau WAN. Sebagai gantinya, mereka memindahkan sumber daya penyimpanan dari jaringan dan menempatkannya ke dalam jaringan berkinerja tinggi mereka sendiri. SAN dapat diakses dengan cara yang sama seperti drive yang terpasang ke server. Jenis jaringan area penyimpanan termasuk SAN konvergen, virtual, dan terpadu.

9. Jaringan Area Lokal Optik Pasif (POLAN)

Sebagai alternatif untuk LAN Ethernet berbasis switch tradisional, teknologi POLAN dapat diintegrasikan ke dalam pemasangan kabel terstruktur untuk mengatasi kekhawatiran tentang mendukung protokol Ethernet tradisional dan aplikasi jaringan seperti PoE (Power over Ethernet). Arsitektur LAN point-to-multipoint, POLAN menggunakan splitter optik untuk membagi sinyal optik dari satu untai serat optik singlemode menjadi beberapa sinyal untuk melayani pengguna dan perangkat.


10. Sistem-Area Jaringan (juga dikenal sebagai SAN)

Istilah ini cukup baru dalam dua dekade terakhir. Ini digunakan untuk menjelaskan jaringan yang relatif lokal yang dirancang untuk menyediakan koneksi berkecepatan tinggi dalam aplikasi server-ke-server (lingkungan cluster), jaringan area penyimpanan (disebut juga "SAN") dan aplikasi prosesor ke prosesor. Komputer yang terhubung pada SAN beroperasi sebagai sistem tunggal dengan kecepatan sangat tinggi.


11. Enterprise Private Network (EPN)

Jenis-jenis jaringan ini dibangun dan dimiliki oleh bisnis yang ingin menghubungkan berbagai lokasi dengan aman untuk berbagi sumber daya komputer.
Istilah istilah dari kepanjangan tadi memang agak lucu bila di terjemahkan dalam bahasa indonesia untuk itu berikut untuk nama asalnya : Local Area Network (LAN),Personal Area Network (PAN), Wireless Local Area Network (WLAN),  Campus Area Network (CAN),Metropolitan Area Network (MAN), Wide Area Network (WAN),Storage-Area Network (SAN), System-Area Network (also known as SAN), Passive Optical Local Area Network (POLAN), Enterprise Private Network (EPN), Virtual Private Network (VPN)

Demikianlah Jenis jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Kriteria Fungsi Dan Pengertiannya yang bisa admin sampaikan semoga bermanfaat ya :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Kriteria Fungsi dan Pengertiannya"

Post a Comment