Cara Memulai Usaha Travel Wisata

 Cara Memulai Usaha Travel Wisata - Bisnis yang paling menyenangkan adalah sebuah hobi atau kesukaan yang bisa menghasilkan. Apakah Anda sependapat? Jika membicarakan tentang travelling, apa yang langsung terlintas di benak Anda? Enjoy, santai, belanja cendera mata, pantai, gunung atau yang lainnya?

Rehat sejenak dari rutinitas yang cukup menguras energi dan pikiran adalah sebuah hal menyenangkan dan menjadi impian setiap orang. Kebutuhan untuk sekedar merefresh hati dan pikiran seolah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang dan bahkan ada yang menjadikannya gaya hidup.

Nah, dari sudut pandang ini Anda akan melihat besarnya peluang bisnis travel wisata, yang bisa dikatakan tidak akan pernah mati karena sudah menjadi bagian hidup bagi banyak orang. Meski begitu, memang tidak dapat dimungkiri bahwa memulai usaha travel bukanlah hal yang mudah, terlebih jika Anda benar-benar pemula di bidang ini. 

Namun Anda tidak perlu risau, karena tips dan cara memulai usaha travel wisata berikut akan membantu.

Tips Sukses Memulai Usaha Travel Wisata

Beberapa tahun belakangan, travelling seakan sudah menjadi trend bagi sebagian besar kalangan masyarakat. Tidak peduli itu anak-anak, dewasa bahkan orang tua, pasalnya travelling bersama keluarga adalah hal yang sangat menyenangkan. 

Nah, untuk meraih bisnis yang sukses di bidang travel wisata Anda perlu memperhatikan beberapa tips di bawah ini.

  1. Tentukan Jenis Travel yang akan Ditekuni

Fokus dan konsisten adalah kunci usaha akan bertahan dan meraih kesuksesan. Hal pertama yang harus dilakukan pada usaha travel yakni menentukan jenis bisnis travel apa yang akan Anda geluti.

Terdapat banyak jenis travel yang bisa Anda pilih, seperti tiket kereta api, tiket pesawat terbang, tiket bus, guest, homestay, urus visa paspor, villa, kamar hotel, sewa mobil hingga wisata. Dalam hal ini, bisnis yang akan Anda mulai adalah travel wisata bukan? Maka Anda harus fokus pada bisnis travel wisata terlebih dahulu.

  1. Buat Brand atau Nama Travel yang Unik

Brand atau nama sebuah bisnis menjadi hal yang sangat penting. Buatlah brand dengan nama yang unik, singkat dan mudah diingat. Beberapa nama travel menggunakan nama sang pemilik dan ada juga yang menggunakan nama seputar travelling dari bahasa asing. 

Pastikan nama yang Anda pilih belum dimiliki oleh pihak lain, unik, mudah diingat dan terdiri atas 1 hingga 3 suku kata saja. Unik dan mudahnya nama brand untuk diingat akan meningkatkan brand awareness usaha travel wisata Anda.

  1. Buat Peta Travel Destination

Berikan kesan dan pengalaman pada setiap pelanggan yang menggunakan jasa travel wisata Anda. Buatlah peta yang berisi rute perjalanan yang berisi titik awal dimulainya perjalanan, hingga destinasi wisata mana saja yang akan dikunjungi. Carilah keunggulan dan hal yang menonjol dari setiap destinasi wisata serta buat roadmap untuk tujuan wisata dengan bentuk point of interest. 

Hal lain yang harus Anda perhatikan dalam menentukan rute dan tujuan wisata yakni, usahakan jarak antara titik dengan titik lain tidak lebih dari 200 km. Selain menghemat waktu dan biaya kendaraan, perjalanan yang lama akan membuat pelanggan merasa bosan. 

  1. Bangun Kesan Profesional

Cara memulai usaha tour dan travel yang selanjutnya yakni buatlah kesan profesional pada bisnis Anda. Jangan hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut, ini jelas akan membuat bisnis ketinggalan zaman dan kalah dari kompetitor.

Buatlah company profile yang menarik namun tetap simple dengan data-data yang akurat dan efisien. Memperkenalkan bisnis travel wisata melalui website dan berbagai media sosial adalah ide cemerlang. Dengan begitu, akan semakin banyak khalayak umum yang mengenal bisnis Anda.

  1. Patenkan Brand Bisnis Anda

Setelah membuat company profile, langkah selanjutnya adalah mematenkan brand bisnis Anda agar diakui oleh badan hukum. Tentu Anda tidak ingin bukan, jika tiba-tiba bisnis travel wisata Anda dituntut karena belum legal?

Anda harus memasukkan brand ke dalam bentuk HKI (Hak Kekayaan Intelektual). Selain untuk menghindari tuntutan hukum atas kelegalan usaha, Anda juga bisa meminta perlindungan hukum jika sewaktu-waktu ada permasalahn yang haru diselesaikan. Anda juga bisa menuntut jika terdapat pihak lain yang merugikan atau bahkan sekedar plagiat brand usaha Anda.

  1. Promosikan Bisnis Baru

Masih seputar profil bisnis, segera buat selebaran atau kartu nama untuk memberikan kesan profesional. Bagikan kepada rekan kerja, teman kampus, saudara dan teman-teman Anda, katakan bahwa Anda sedang merintis usaha baru di bidang travel wisata.

Penggunaan kartu nama akan membuka peluang bisnis dikenal oleh lebih banyak orang, yang mana kartu nama tidak akan hilang begitu saja dan dapat dilihat berkali-kali.

  1. Gencarkan Bisnis Online

Teknologi informasi yang semakin canggih dan berkembang memberikan banyak dampak positif kepada para pelaku bisnis. Kini waktunya go online dan mulai mempromosikan bisnis melalui media sosial, email dan juga website.

Pemasaran secara online akan mencakup lebih banyak target dan menciptakan brand awareness yang lebih luas.

  1. Buatlah Program Paket Wisata

Seringkali seseorang akan berlibur bersama orang tersayang, entah itu  teman, kekasih, atau keluarga. Sehingga biaya merupakan hal yang cukup sensitif. Untuk menarik perhatian pelanggan, Ada dapat membuat program paket wisata. Misalnya paket 3 hari 2 mana, paket 2 hari 1 malam atau paket 1 minggu.

Buatlah pilihan paket yang bervariasi, supaya semua pelanggan dengan budget terendah hingga eksklusif dapat menggunakan jasa travel wisata Anda.

  1. Siapkan Media dan Peralatan Pemasaran

Lagi-lagi mengenai pemasaran, ya memang marketing adalah hal yang paling penting demi keberlangsungan usaha Anda. supaya bisnis Anda lebih dikenal, siapkan strategi marketing yang matang, misalnya membuat blog yang berisi artikel mengenai wisata-wisata yang ada dalam list Anda serta testimoni dan feedback positif ketika pelanggan menggunakan jasa travel wisata milik Anda.

Anda juga perlu menautkan blog bisnis langsung ke kontak WhatsApp Anda sehingga jika ada yang ingin bertanya, semuanya dapat direspon dengan cepat.

  1. Penuhi Kebutuhan Perangkat

Jika Anda membutuhkan perangkat yang bisa mendongkrak performa bisnis, mengapa tidak? Laptop, smartphone adalah perangkat pokok yang harus Anda miliki untuk promosi bisnis serta membangun komunikasi dengan pelanggan. Dan satu lagi yang penting adalah kamera, Anda bisa mengambil gambar pelanggan dan wisata dan diunggah ke website perusahaan.

  1. Berikan Pelayanan Terbaik

Jadilah pribadi yang proaktif saat melayani pelanggan. Pastikan Anda selalu memberikan informasi terupdate seputar pemesanan paket wisata. Jelaskan dengan teliti mulai dari rincian biasa, kendaraan apa yang digunakan, fasilitas apa saja yang akan pelanggan dapatkan dan apa saja yang akan mereka nikmati ketika di tempat wisata. 

Jadilah owner yang ramah, peduli serta tidak membosankan sehingga pelanggan akan mendapatkan kesan yang positif pada bisnis travel wisata Anda.

Cara memulai usaha travel wisata di atasa hanya sebuah materi, yang terpenting dari semuanya adalah lakukan sekarang. Semakin cepat Anda mengeksekusi semua perencanaan maka semakin cepat pula kesuksesan akan diraih. Kalau bukan sekarang kapan lagi? 


Posting Komentar untuk "Cara Memulai Usaha Travel Wisata"