8 Tips Meningkatkan Penjualan Melalui Website


Di era yang serba digital seperti saat ini, banyak sekali sektor-sektor yang memanfaatkan kecanggihan teknologi. Salah satu sektor yang terdampak positif dari lahirnya dunia digital adalah sektor ekonomi. Ekonomi digital hari ini tumbuh begitu pesat dan menghasilkan salah satu pasar baru yang cukup menjanjikan, yaitu bisnis online.

Bisa kita lihat, berapa banyak pelaku bisnis online yang ada di sekitar kita. Sayangnya beberapa di antaranya justru memilih menjalankan bisnis online hanya melalui media sosial saja. Padahal dalam berbisnis online, memiliki website sendiri juga akan sangat membantu meningkatkan penjualan online.

Website merupakan salah satu platform yang akan menunjang kebutuhan bisnis online kita. Dengan memiliki konsep desain serta strategi konten yang tepat, website mampu membantu mempopulerkan visi misi perusahaan agar brand yang dipasarkan lebih menempel di benak pelanggan.

Saat ini sudah banyak penyedia layanan hosting yang menawarkan paket unlimited hosting yang bisa digunakan untuk keperluan bisnis termasuk pembuatan website. Lalu bagaimana kita bisa berkompetisi dan menciptakan sebuah website yang mampu meningkatkan penjualan? Yuk, kita simak bersama-sama beberapa tips meningkatkan penjualan online dengan website berikut ini.

Tips Meningkatkan Penjualan Melalui Website

1.    Menampilkan Desain yang Responsif dan Menarik

Desain yang responsif dan menarik adalah salah satu hal yang bisa mencuri perhatian pengunjung. Pasalnya, ketika pengunjung membuka halaman sebuah website, maka pengalaman pertama yang harus mereka dapatkan adalah tampilan yang menarik sehingga bisa memberikan kenyamanan. Desain responsif diperlukan agar sebuah situs mampu menampilkan diri berdasarkan perangkat yang digunakan untuk mengaksesnya. Hal semacam ini yang nantinya akan membuat pengunjung betah dan diharapkan mampu membeli produk yang kita pasarkan.

2.    Menampilkan Katalog yang Menarik

Untuk meningkatkan penjualan melalui website, kita perlu memikirkan bagaimana tampilan produk-produk yang kita pasarkan. Kita bisa menyajikan foto ataupun gambar yang menarik dengan kualitas yang baik. Dengan memiliki katalog yang yang baik, daya jual produk akan semakin tinggi. Jika kita memiliki kemampuan fotografi yang baik, tidak ada salahnya untuk memfoto produk kita sendiri. Jika tidak, mungkin menyewa fotografer adalah salah satu alternatifnya. Sebab foto yang diambil dengan profesional secara mandiri maupun dengan  bantuan fotografer profesional akan membuat calon pelanggan lebih percaya terhadap produk yang kita jual.

3.    Memaksimalkan SEO

Pada saat memutuskan untuk menjalankan bisnis online, maka penting bagi kita untuk menampilkan situs kita di halaman pertama pencarian. Hal ini menjadi penting karena pada umumnya orang akan lebih memilih untuk membuka situs yang tampil di halaman awal dibanding mencari ke halaman-halaman berikutnya. Cara efektif untuk membuat orang mudah menemukan situs Anda adalah dengan menggunakan blog dan memanfaatkan fitur SEO (Search Engine Optimization). Keberadaan blog dengan kata kunci yang tepat  bisa membawa situs kita pada halaman pertama pencarian. Cara tersebut juga cukup efektif untuk melakukan soft selling pada produk-produk yang kita pasarkan.

4.    Menambahkan Fitur Live Chat

Bukan hal aneh jika calon pembeli merasa ragu dengan barang-barang yang kita jual. Pasalnya, membeli barang secara online memang masih menjadi kekhawatiran bagi sebagian orang. Karenanya, tidak jarang sebelum melakukan pembelian, pelanggan akan menanyakan tentang spesifikasi produk kita terlebih dahulu. Pada saat seperti ini, fitur Live Chat bisa menjadi salah satu alat penghubung antara pemilik bisnis dan calon konsumen yang merasa kebingungan. Fitur Live Chat ini biasanya memiliki layanan customer service responsif selama 24 jam, sehingga pembeli akan lebih percaya pada kita.

5.    Menggunakan Teknik Copywriting

Memang tidak semua orang menguasai teknik copywriting, namun tentu bukan sebuah kemustahilan jika kita ingin mempelajari teknik ini. Strategi copywriting dipilih sebagai salah satu cara meningkatkan penjualan. Proses penerapannya sangat fleksibel dan beragam, yakni bisa dimulai dari pemberian judul yang menarik di bagian header, penulisan landing page dengan kata-kata magis, hingga menyisipkan kalimat ajakan untuk memancing calon pelanggan agar segera melakukan pembayaran.

6.    Menyediakan Metode Pembayaran yang Memadai

Bukan hal baru saat mengetahui bahwa banyak calon pelanggan yang hendak membeli produk kita namun batal hanya karena sistem pembayaran yang kurang memadai. Jika kita memang ingin meningkatkan penjualan melalui website secara signifikan, maka kita perlu memperhatikan terkait fleksibilitas pembayaran. Kita bisa memberikan opsi yang memudahkan para pelanggan, seperti menerima bank transfer dari berbagai jenis bank, pembayaran offline melalui minimarket, pembayaran lewat saldo uang digital, ataupun pembayaran dengan kartu kredit. Selain mempermudah calon konsumen, penggunaan sistem multi-payment ini juga bisa meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata pelanggan.

7.    Memaksimalkan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi

Meski sudah memiliki situs website sendiri, bukan berarti kita tidak memerlukan media sosial lagi. Sebab, saat ini sosial media merupakan salah satu platform yang cukup berhasil untuk menarik perhatian calon pelanggan. Media sosial juga bisa menjadi alat komunikasi yang menghubungkan antara penjual dengan calon pembeli. Kita bisa menggunakan media sosial populer saat ini seperti Twitter, Facebook hingga Instagram.

8.    Menampilkan Testimoni Pelanggan

Hal lain yang bisa dilakukan agar penjualan kita bisa meningkatkan melalui website adalah dengan menampilkan testimoni para pelanggan yang sudah membeli atau menggunakan produk kita. Testimoni pelanggan masih menjadi salah satu alat yang cukup ampuh untuk menarik kepercayaan dari calon pelanggan. Dengan menampilkan rentetan testimoni, maka calon pelanggan akan semakin yakin untuk membeli produk yang kita jual.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan penjualan online melalui website. Teman-teman bisa melakukan sebagian tiap ataupun seluruh tips untuk hasil yang lebih maksimal.

Semoga setelah membaca artikel di atas, banyak di antara kita yang semakin sadar bahwa berbisnis ternyata bisa dilakukan dimana saja, termasuk secara online. Hal ini diharapkan mampu memberikan semangat kepada teman-teman untuk belajar berbisnis sedari dini. Teman-teman bisa memulainya dengan berjualan di media sosial, e-commerce, hingga website.

Kami, Jetorbit, selaku penyedia layanan hosting dan domain juga bersedia membantu membangun dan mengembangkan bisnis online teman-teman. Teman-teman juga akan mendapatkan panduan cara memesan hosting dan domain dari Jetorbit. Semangat berbisnis, semoga berujung manis!

 

Posting Komentar untuk "8 Tips Meningkatkan Penjualan Melalui Website"