Sistem Informasi Manajemen Sekolah : Pengertian, Contoh dan Manfaatnya

 


Seiring perkembangan zaman yang serba modern banyak inovasi inovasi di dunia pendidikan salah satunya adalah Sistem Informasi Manajemen Sekolah (SIM Sekolah). Pada kesempatan kali ini Admin eduonlineprogram.com akan membahas tentang artikel dengan judul “ Sistem Informasi Manajemen Sekolah : Pengertian, Contoh dan Manfaatnya “ silahkan di simak :)

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Sekolah


Apa itu sistem informasi Sekolah? Mungkin Anda bertanya tanya bila belum mengetahui tentang hal ini Pengertian Sistem informasi manajemen sekolah adalah suatu sistem yang dirancang khusus dalam pengelolaan data informasi pada sekolah sehingga data lebih mudah untuk digunakan dan juga lebih efektif dan efisien.


SIM Sekolah ini dapat mengolah berbagai macam data informasi sekolah seperti data murid, data guru, data absensi, dan data data lainnya yang masih berhubungan dengan kebutuhan informasi sekolah. Sistem informasi manajemen sekolah ini banyak jenisnya dan banyak penyedia jasa yang menyediakan berbagai macam fungsi yang beraneka ragam.


salah satunya adalah Pijar Sekolah sebagai penyedia solusi sim sekolah / sistem manajemen sekolah sebagai brand awareness. Ditinjau dari tingkatan sekolahnya pun berbeda beda sim sekolah ini dapat digunakan pada semua tingkat sekolah mulai dari SD, SMP, SMA / SMK sampai dengan perguruan tinggi sistem informasi bisa disesuaikan.

Contoh Pengelolaan Sistem Informasi Sekolah


Dalam pengelolaan SIM Sekolah ini bisa menggunakan berbagai macam program perangkat lunak mulai dari pengelolaan sistem berbasis desktop, website sampai dengan aplikasi android maupun ios. Karena setiap pengembang sistem informasi mempunyai pengembangan yang berbeda beda yang tentunya menyesuaikan dengan banyaknya fitur.

Manfaat Sistem Informasi Sekolah


Apa saja manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya sistem informasi sekolah ini? Penting sekali untuk menggunakan sistem informasi ini pada pendidikan saat ini berbagai manfaat antara lain sebagai berikut ini:


  1. Pengelolaan informasi data presensi lebih mudah

  2. Pengelolaan informasi data keuangan sekolah lebih terkontrol

  3. Pengelolaan informasi akademik maupun non akademik 

  4. Pengelolaan informasi pembelajaran yang lebih terarah

  5. Orang tua dari siswa lebih mudah memantau 

  6. Dan masih banyak lagi lainnya


Dengan berbagai macam manfaat yang didapat ini harapannya dengan adanya sistem informasi sekolah ini dapat membantu dari berbagai pihak mulai dari siswa, guru maupun orang tua wali murid semua mendapatkan manfaatnya.


Demikian yang admin eduonlineprogram.com bisa sampaikan semoga Pengertian, Contoh dan Manfaatnya “ dapat bermanfaat. Bila Ada pertanyaan maupun lainnya bisa meninggalkan komentar di bawah in. Terima kasih


Posting Komentar untuk "Sistem Informasi Manajemen Sekolah : Pengertian, Contoh dan Manfaatnya"