Perbedaan Thallophyta dan Spermatophyta



Thallophyta adalah tumbuhan yang memiliki thallus termasuk diantaranya adalah golongan jamur/fungi, fitoplankton, ganggang dan merupakan sebutan level divisi yang umum untuk tumbuhan yang memiliki thallus, yaitu tumbuhan yang belum mempunyai akar, batang, dan daun yang jelas karena memiliki fungsi yang sama.

Perbedaan Thallophyta dan Spermatophyta


Pada mata kuliah Botani Laut, tumbuhan yang sering / umum digunakan  untuk diidentifikasi adalah jenis algae yaitu tumbuhan thallus yang mampu hidup dalam keadaan terendam air dalam salinitas tertentu sesuai dengan jenisnya. Bentuk tumbuhan ini mulai dari unicellular (1 sel) hingga multicellular (banyak sel), memiliki habitat yang mendominasi air tawar (salinitas  rendah;Chlorophyta) hingga yang mendominasi di lautan (salinitas tinggi;Rhodophyta).


Spermatophyta adalah divisio tumbuhan yang telah memiliki akar, batang, dan daun yang jelas atau sejati karena memiliki fungsi yang berbeda-beda. Divisi Spermatophyta meliputi golongan tumbuhan berbiji baik tumbuhan berkeping satu (monokotil) maupun dua (dikotil). Pada mata kuliah Botani Laut, divisi spermatophyte yang umum untuk bahan identifikasi yaitu lamun (seagrass) dan berbagai jenis Mangrove lainnya.