Pengertian E-learning Manfaat dan Karakteristiknya


Pengertian E-learning ,Manfaat dan karakteristiknya

Pada kesempatan kali ini Admin Eduonlineprgram.com akan membahas tentang “ Pengertian E-learning Manfaat dan karakteristiknya” silahkan disimak ya :)


Seiring perkembangan dunia pendidikan yang semakin maju dan dikarenakan 2019 sampai saat ini indonesia masih dilanda dalam masa pandemi walaupun begitu dunia pendidikan harus tetap berjalan dan terus berinovasi agar siswa maupun mahasiswa dapat terus belajar dengan baik salah satu inovasi di dunia pendidikan adalah dengan adanya sistem e-learning atau sistem belajar dengan online learning.


Pengertian E-learning

Apa itu E-learning? 

mungkin istilah ini ada yang belum tahu atau masih terdengar asing di telinga.


E-learning adalah Sebuah metode pembelajaran di dukung dengan sebuah teknologi yang memudahkan penggunanya untuk belajar via online dengan mengakses ke website tertentu yang telah didesain mempunyai kelengkapan fungsi digunakan untuk sarana belajar mengajar dalam dunia Pendidikan.


Sistem pembelajaran seperti ini juga terkadang bisa disebut dengan sistem kuliah online karena sistem pembelajarannya via online dan masih banyak istilah lainnya oleh karenanya ada baiknya pula mengenal manfaaat dan karakteristiknya terlebih dahulu.


Manfaat dan karakteristik E-learning  


Manfaat E-learning dan karakteristiknya saling mendukung dan melengkapi oleh karenanya berikut ini poin poinnya:


1. Pengganti pertemuan langsung pembelajaran


Dikarenakan di era pandemi ini masih sangat dibatasi untuk berkumpul, bergerombol yang biasanya kebiasaan ini identik dengan sekolah ataupun kampus. E-learning atau online learning ini merupakan sebuah inovasi yang bisa menggantikan pembelajaran tatap muka agar dunia pendidikan bisa terus berjalan dan mencetak alumni dengan pendidikan yang tinggi dan unggul.


2. Menghemat biaya kebutuhan


Dengan adanya sistem e-learning ini pembelajaran dapat diakses dari mana saja asalkan ada koneksi internet, biaya biaya yang timbul pada saat pembelajaran secara tatap muka bisa dihemat seperti biaya untuk perjalanan ke kampus ataupun ke sekolah, biaya kost ataupun kontrak, ataupun biaya biaya lain yang berkaitan dengan hal ini.


3. Fleksibel bisa diulang beberapa kali


Pada sistem e-learning ini pelajar bisa mengulang materi beberapa kali, karena materinya biasanya berupa dokumen ataupun video sehingga bila ada kesulitan bisa mengulang materinya dan juga bisa bertanya kepada pemateri yang mengajar.



4. Ramah lingkungan


Sistem pembelajaran E-learning ini mampu menghemat banyak kertas karena sistem pembelajaran menggunakan sistem cloud komputer dan tidak perlu menggunakan banyak kertas sehingga dapat mengurangi tingkat penggunaanya.



Demikian yang bisa kami sampaikan tentang :Pengertian E-learning ,Manfaat dan karakteristiknya”. Semoga bermanfaat 


Posting Komentar untuk "Pengertian E-learning Manfaat dan Karakteristiknya"